"Semulia-mulianya manusia adalah siapa yang mempunyai adab, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat" (Khalifah Abdul Malik bin Marwan).

Jumat, 13 Februari 2009

A. KESIMPULAN
Setelah penulis menguraikan karya tulis ini, yang terdiri dari Bab I sampai Bab III, dengan segala keterbatasan ilmu yang penulis miliki, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Remaja adalah anak yang ada pada masa peralihan diantara masa anak-anak dan masa dewasa, dimana anak-anak mengalami perubahan cepat di segala bidang. Perubahan ini bukan hanya dari segi usia tetapi dari segi sikap, cara berpikir, bertindak dan perubahan-perubahan lainnya, baik itu perubahan secara fisik maupun psikis.
2. Narkoba (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) merupakan obat atau bahan atau zat yang jika diminum, dihisap, ditelan, atau disuntikkan di luar pengawasan pihak yang berwenang dengan cara yang berlebihan, akan berpengaruh terutama pada kerja otak .
3. Sebagian remaja menyalahgunakan narkoba adalah sebagai jalan keluar untuk menghindar dari kesulitan hidup dan konflik-konflik batin yang berat. Pada umumnya mereka yang tidak biasa menghadapi masalah-masalah berat, kurang mendapat sentuhan iman dan akhlak, disamping itu jiwanya sangat labil sehingga pada saat dirinya dihadapkan pada berbagai macam kesulitan yang berat yang tidak mereka bayangkan sebelumnya, sementara itu dia tidak mampu menyelesaikannya, maka pada akhirnya pada penyalah-gunaan narkoba, sebagai jalan untuk mencari penenang dari rasa ketakutan dan kerisauan hatinya.
4. Penyalah-gunaan narkoba akan menyebabkan gangguan kesehatan fisik, mental dan kehidupan sosialnya dan tentu saja akan merugikan semua pihak yang berkaitan.
5. Pendekatan Islam dalam menanggulangi penyalah-gunaan narkoba ditujukan pertama kali adalah pada keluarga, karena keluarga adalah faktor utama yang menentukan kepribadian remaja di dalam pergaulannya sehari-hari. Dan keluarga lah yang bisa mengatasi berbagai ekses negatif yang datang dari luar.B. REKOMENDASI
Berikut ini merupakan saran-saran dari penulis, dengan harapan adanya perubahan yang positif khususnya bagi penulis, umumnya bagi semuanya:
1. Kepada para pembaca, alangkah baiknya menghindari membaca setengah-setengah. Hal ini dimaksudkan agar pembaca mendapat suatu kejelasan yang pasti juga agar terhindar dari kesalahpahaman dalam memahami karya tulis ini.
2. Kepada lembaga, demi kelancaran dalam penulisan karya tulis, agar mendapatkan hasil yang sempurna, sangat diharapkan agar disertai dengan fasilitas yang memadai, baik itu perpustakaan ataupun komputer.
3. Kepada para remaja khususnya adik-adik kelas, hendaklah jangan mudah terbawa arus apalagi pada zaman sekarang ini banyak sekali ranjau-ranjau yang dapat menjerumuskan para remaja kepada segala hal yang dapat menyesatkan.
4. Kepada adik-adik kelas, hendaklah membiasakan membaca. Karena dengan membaca, kita akan mendapatkan wawasan yang banyak.
Alhamdulillah wa Syukrulillah, sampai pada bab ini selesai lah uraian yang berkaitan dengan”PENDEKATAN ISLAM DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA” dapat penulis selesaikan berkat hidayah dan inayah-Nya.

0 komentar: