"Semulia-mulianya manusia adalah siapa yang mempunyai adab, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat" (Khalifah Abdul Malik bin Marwan).

Rabu, 30 Juni 2010

2 La Furia Española (profil - part 2)


Timnas Spanyol takkan cemerlang seperti saat ini tanpa ada kerja keras dan semangat kerja sama tim. Juga pemain-pemain handal yang saling mendukung.





(8) XAVI HERNANDEZ (Midfielder - Barcelona) 

Xavi adalah motor serangan Barcelona musim lalu. Bak sebuah orkestra, maka Xavi adalah konduktornya. Dia memiliki peran vital dalam mengatur serangan, memainkan tempo, mengirim umpan hingga memecah kebuntuan.
Xavi memiliki kekurangan dalam kecepatan berlari. Namun meskipun demikian kecerdasan, kecerdikan dan visi bermain yang luar biasa dapat menutupi kekurangannyaPria berkelahiran January 1980 ini  sempat terpilih sebagai MVP Piala Eropa 2008 bersama Spanyol dan masuk dalam kategori gelandang terbaik 2008 versi IFFHS. Dan sampai saat ini, xavi masih bisa mempertahankan gelarnya (goal.com)













 (9) FERNANDO TORRES (forward - liverpool)  

       Fernando Torres, lahir pada 20 maret 1984, mulai tertarik bermain sepak bola sejak kecil dan bergabung pertama kali bersama Parque 84 ketika berusia 5 tahun.  
      Sebenarnya Torres ingin menjadi penjaga gawang seperti kakaknya. Namun, ketika berusia tujuh tahun, dia mulai bermain sebagai penyerang dalam Liga indoor besama klub di lingkungannya, Mario’s Holland. Tiga tahun kemudian, ketika berusia 10 tahun, dia mulai bermain dalam sepak bola sebenarnya bersama Rayo 13. Setelah penampilan yang menawan bersama klub barunya, dimana dia mencetak 55 gol, Torres menjadi satu dari tiga pemain Rayo 13 yang mencoba untuk bermain dengan Atlético Madrid. Dia membuat kagum pencari bakat dan saat berusia 11 tahun, dia bergabung bersama klub pada tahun 1995. 
         Jelang musim 2007/08, tak sedikit fans Liverpool yang sempat meragukan kemampuan Fernando Torres ketika didatangkan dari Atletico Madrid dengan nilai transfer £20 juta. Wajar saja, dengan uang sebanyak itu, tentunya para suporter The Reds mengharapkan banyak gol dari striker asal Spanyol tersebut. Dan itulah yang didapatkan. Torres membuktikan kepada fans setia Liverpool, dirinya pantas menjadi salah satu legenda Anfield.
       Masalah cedera menghantuinya selama 12 bulan terakhir, tapi 60 gol dalam 96 pertandingan merupakan catatan yang sangat hebat. Tak perlu diragukan lagi, FT9 merupakan salah satu striker terbaik dunia saat ini. Jangan lupa, adalah golnya Torres yang mengangkat Spanyol ke tangga juara Euro 2008.



(11) JOAN CAPDEVILA  (defender - villareal)
 



     Merupakan seorang yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan lini pertahanan. Bersama Sergio Ramos dan Carlos Marchena dia akan menjadi benteng pertahanan yang sulit ditembus lawan. 
     Capdevila lahir pada 3 February 1978, usianya terpaut lebih tua dibanding dengan pemain lainnya. 










(14) XABI ALONSO (midfielder - Real Madrid) 



        Talenta Alonso di dunia sepak bola ternyata diturunkan dari sang ayah, Miguel Angel Alonso Oyarbide atau lebih dikenal sebagai Periko Alonso. Periko adalah mantan pemain Barcelona dan Real Sociedad dan sempat tiga kali mencicipi gelar juara Liga BBVA. Periko pun pernah tampil membela Spanyol sebanyak 40 kali di era 1980-an.
        Alonso dapat memainkan perannya sebagai pengumpan andal. Banyak gol Liverpool yang lahir dari umpan-umpan matangnya kepada para penggawa depan. Ketika dia bermain, para striker bagai dimanjakan dengan umpan-umpannya. 







(15) SERGIO RAMOS (defender - real madrid)

  
      Ramos adalah lulusan dari Sevilla FC pemuda sistem dan dianggap sebagai salah satu terbaik di dunia pembela. Dia dikenal untuk berjalan ke atas dan ke bawah sayap kanan, akurat melintasi ke dalam kotak, kuat mempertahankan, kecakapan di udara dan kemampuan untuk menjadi ancaman konstan pada tujuan di set buah dan bermain di buka.
      Ramos memulai karirnya sebagai baik dianggap pembela sisi kanan, posisi dia bisa tetap bagi kebanyakan orang awal karir. Setelah dua tahun di La Liga, dengan Sevilla, dia menjadi dikenal atas kemampuan untuk memutar competently dalam posisi defensif.
     Bersama Joan Capdevilla, dia memiliki kemampuan menyerang dari sayap untuk memberikan umpan-umpan silang ke kotak penalti. Sehingga dia bisa memberikan jaminan rapatnya lini belakang Timnas spanyol.




2 komentar:

Fey mengatakan...

Hmm gua tunggu kontribusi torres nih. pasca operasi belum pernah satupun gol yang di cetak. mudah2an lawan jerman dia bisa ngasih gol buat kemenangan Spanyol...

Dalz mengatakan...

Betul sobat. Mudah2an Torres bisa bangkit kembali saat melawan Jerman. Berharap Spanyol tak bernasib sama dengan Australia, Inggris atau Argentina. Mudah2an Spanyol dapat mengulang kejayaannya seperti dua tahun yang lalu.