"Semulia-mulianya manusia adalah siapa yang mempunyai adab, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat" (Khalifah Abdul Malik bin Marwan).

Rabu, 30 Juni 2010

1 Spanyol Tundukkan Portugal

     Akhirnya spanyol menjadi tim terakhir yang maju ke babak perempat final Piala Dunia setelah dalam laga di babak 16 besar berhasil  mengalahkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. (yang sampe bikin ngakak, celotehan teman-teman mengenai iklan suplemen yang katanya ikut berperan penting bagi CR, "lah ronaldo sekarang tak berkutik, apa gara-gara...?" hmmm namanya celotehan, tentunya tidak harus ditanggapi dengan serius)
Spanyol tampak lebih dominan dan bisa dibilang membuat portugal kelabakan. Spanyol, yang lebih mengutamakan penguasaan bola, memainkan umpan-umpan pendek dengan jarak antar pemain yang rapat.
    Strategi ini membuat Portugal, yang berusaha menampilkan permainan cepat, kesulitan melakukan penetrasi lewat tengah lapangan. Ronaldo dan Simao pun lebih sering menyusur sisi lapangan dan mengancam lewat umpan silang, dan hasilnya memang kurang baik. 
   Meski dimenit-menit awal, Ronaldo sempat mengancam gawang spanyol dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. namun bola berhasil ditepis sang kapten tim spanyol dan memantul ke belakang. Juga melalui tendangan bebas yang diberikan kepada Ronaldo, tapi tetap saja bisa diatasi lewat aksi memukau Iker Casillas. Akhirnya skor tetap imbang 0-0 sampai akhir babak pertama.
     Saya sempat berfikir, pasti akan ada adu penalti, namun tetap optimis 5-3 untuk Spanyol. karena kemampuan Iker Casillas yang tidak diragukan lagi.

    Akhirnya di menit ke-62, Spanyol berhasil menundukkan Portugal lewat tendangan David Villa. Gol ini berawal dari umpan Xavi di daerah penalti Portugal. Villa memanfaatkan umpan tersebut dengan melepaskan tembakan keras ke arah Eduardo (kiper Portugal). Tendangan Villa bisa ditepis Eduardo, tapi pantulan bola yang mengenai Eduardo tersebut dapat diterima kembali oleh Villa dan tendangannya yang kedua berhasil membobol gawang Portugal.
     Portugal mengganti penyerang Hugo Almedia dengan gelandang Danny justru membuat ketajaman di lini depan berkurang, dan penguasaan bola terkesan statis.
Portugal semakin tak berdaya, ketika sisi kiri pertahanan, mampu diterobos Sergio Ramos dan berhasil menusuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan, meski dapat ditepis Eduardo.
     David Villa kembali mengancam Portugal dengan melepaskan tendangan spekulasi ke pojok kanan gawang Portugal, namun masih dapat ditepis Eduardo.
Portugal semakin terpuruk setelah di menit 88 Ricardo Costa terlihat menyikut Capdevilla. Dan akhirnya wasit memberikan kartu merah kepada pemain Portugal ini.
     Sampai pertandingan berakhir, kedudukan masih tetap sama, yaitu 1-0. Itu berarti kemenangan untuk Tim Spanyol (huhu... we are the champion..... sorak sorai penghuni rumah menyanyikan kemenangan Tim kesayangan ini). Spanyol akhirnya masuk ke perempat final dan akan bertanding melawan Paraguay. Bersama enam tim yang memastikan diri maju ke babak delapan besar adalah Belanda, Brasil, Uruguay, Ghana, Argentina, dan Jerman.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wahaaaaaa... kerenn gue yakin spanyol menang di FIFA World cup 2010.

go Spanyol..