"Semulia-mulianya manusia adalah siapa yang mempunyai adab, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat" (Khalifah Abdul Malik bin Marwan).

Jumat, 03 April 2009

0 Teori-teori yang Serumpun dengan Teori Belajar Disiplin Mental

Ada banyak teori yang serumpun dengan teori disiplin mental. Diantaranya:

- Herbartisme
Dapat diterjemahkan sebagai tanggapan-tanggapan (potensi/ide) yang tersimpan di dalam kesadaran.
Teori herbartisme memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
> dikembangkan sebagai psikologi belajar non eksperimental
> filosofis/ spekulatif
> introsfektif

- Naturalisme
Menurut JJ Rousseau, anak memiliki potensi-potensi yang masih terpendam. Melalui belajar, anak harus diberi kesempatan untuk mengembangkan atau mengaktualisasikan potensi-potensi tersebut. Anak memiliki kekuatan sendiri untuk mencari, menemukan, mencoba, dan mengembangkannya sendiri.

0 Teori Belajar Disiplin Mental

Teori belajar disiplin mental lebih menekankan pada keterlibatan psikis, sedangkan fisik tidak terlalu berpengaruh.

Dalam teori ini, belajar diartikan sebagai pengembangan dari kekuatan, kemampuan, dan potensi-potensi yang dimiliki setiap individu.

Lalu, bagaimana kita dapat mengetahui potensi tersebut???
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa potensi itu terbagi ke dalam dua bentuk.Yang pertama, adalah potensi Umum (7 cardinal: sehat, sosialisasi, ingin rasa aman, ingin dihargai, dan... cinta). Dan yang kedua adalah khusus (seni, olah raga, science, bahasa, sosial, dll.

Mengembangkan potensi siswa???

- Guru harus kreatif (potensi siswa diasah dan dilatih), hal ini ada dalam teori daya (teori yang masih serumpun dengan tb. disiplin mental)
- Yakin bahwa semua individu memiliki potensi, bakat, dlll (teori netivisme)
- Jika guru tidak mampu mengembangkan potensi siswa yang khusus, maka guru harus mendekati potensi siswa yang umum.

Contohnya, guru harus memberikan rasa aman kepada siswanya, dalam artian guru tidak boleh mempermalukan siswanya di depan kelas

Selasa, 03 Maret 2009

0 Konsep Pembelajaran

Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran adalah serangkaian aktifitas yanng dilakukan oleh seseorang (pendidik) agar terjadi proses belajar pada orang lain (peserta didik).

Maka dapat kita ketahui, bahwa pembelajaran itu lebih luas dibandingkan dengan mengajar, belajar dan pengajaran.

Karakteristik Mengajar
- Siswa sebagai pusat belajar
- Understanding
- Active learning (disini, tugas guru hanya sebagai motivator)
- Multi Arah (karena siswa tidak hanya belajar pada seorang saja

Prinsip-prinsip pembelajaran
Di bawah ini adalah beberapa prinsip dalam pembelajaran, yaitu:

- Minat dan Perhatian
- Aktif
- Keterlibatan langsung / pengalaman (artinya belajar itu tidak dapat diwakilkan)
- Feed back
- Indivdual


Delivery sistem (Cara penyampaian pembelajaran)

- Group Instruction
- Individual Instruction

0 Konsep Dasar Mengajar

Di dalam dunia pendidikan, kita sering mendengar kata mengajar. Lantas apakah mengajar itu??

Apa konsep dasar dari mengajar itu??

Definisi Mengajar
Mengajar adalah aktifitas seseorang (pendidik)untuk menyampaikan pengetahuan kepada orang lain (peserta didik)
Mengajar merupakan bagian dari pembelajaran

Karakteristik mengajar:
- Guru sebagai pusat mengajar (tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi ditentukan dan dipegang oleh guru)
- Insisting dan impinting (penanaman nilai)
- Pasive Learning (siswa bersifat pasif)
- Komunikasi satu arah

Prosedur mengajar
Ada beberapa prosedur yang digunakan di dalam mengajar, diantaranya:

- Perencanaan
- Pelaksanaan Pengajaran -Pra Instruksional (Apersepsi), Instruksional (penyampaian materi), Post Instruksional (menutup pelajaran)\
- Evaluasi

Keterampilan yang harus dimiliki guru ketika mengajar:
- Keterampilan membuka pelajaran
- Keterampilan menjelaskan materi
- Keterampilan mengelola kelas
- Keterampilan bertanya
- Keterampilan diskusi
- Keterampilan penguatan (pemberian motivasi)
- Keterampilan variasi mengajar
- Keterampilan menutup pelajaran

Senin, 02 Maret 2009

0 Empat Pilar pendidikan UNESCO

Hari yang cerah, tak seperti biasanya kota Bandung kini ditemani hangatnya sang mentari. Pukul 7.30 wib para mahasiswa sudah menempati tempat duduknya masing2. Meski sang dosen telah berada di depan kelas, mereka tampak sedang sibuk dengan kegiatannya masing2. Yupzz... "berbenah diri"... Para mahasiswa tampak sibuk menempatkan dirinya senyaman mungkin agar bisa menyimak pelajaran dengan baik. Meski telah memasuki menit ke 30, tetap saja ada mahasiswa yang datang terlambat...


Upss... jadi cerita negghhh...

Pagi ini, di mata kuliah Teori Belajar, sang dosen membahas tentang 4 pilar Pendidikan UNESCO.

Apa saja sih ke empat pilar pendidikan itu??..

- Learning To Know
Artinya, tenaga kependidikan (Guru, pelatih, instruktur, dll) harus menjadi inspirator dalam pengembangan, perencanaan, dan pembinaan pendidikan dan pembelajaran. Hal ini juga secara eksplisit di cantumkan dalam PP no 19 tahun 2005, yaitu guru sebagai Agent Pembelajaran harus menjadi Fasilitator, pemacu, motivator, dan inspirator bagi para peserta didik.

Secara Implisit, Learning to know bermakna:
* Belajar Sepanjang Hayat (life long of education)
* Belajar bagaimana caranya untuk belajar (learning how to learn)

- Learning To Do
Artinya di dalam sebuah pembelajaran ada prinsip aktivitas (ada kegiatan)
* Hard Skills : keterampilan yang menuntut fisik
* Soft Skills : keterampilan yang menuntut intelektual

- Learning To Be (mandiri)
- Learning To Life Together (sosial)

Selasa, 24 Februari 2009

0 Tujuan Evaluasi Pembelajaran Versi 2

Selain seperti yang telah dijelaskan di awal mengenai tujuan dari evaluasi pembelajaran, ada juga tujuan dari evaluasi pembelajaran, yaitu:

- Menilai kemampuan individual (siswa)

- Menentukan kebutuhan pembelajaran (sarana dan prasarana)

- Membantu dan mendorong siswa dalam belajar (siswa akan termotivasi setelah melihat hasil)

- Membantu dan mendorong guru untuk mengajar lebih baik

- Menentukan strategi pembelajaran

-Akuntabilitas (pertanggung jawaban) sebuah lembaga kepada masyarakat

- Meningkatkan kualitas pendidikan

0 Fungsi Evaluasi Pembelajaran

Fungsi dari Evaluasi Pembelajaran Adalah:

- Formatif: Dari evaluasi diharapkan adanya perubahan/perbaikan belajar siswa dan cara mengajar guru

- Sumatif: Menilai keberhasilan siswa

- Diagnostik: Mencari kesulitan dan kelemahan siswa

- Penempatan: Menempatkan peserta didik sesuai kemampuan masing2.

0 Tujuan Evaluasi Pembelajaran

Sebenarnya kenapa sih guru harus melakukan evaluasi??? memang apa sih istimewanya evaluasi? lantas seberapa besar pengaruh evaluasi di dalam pembelajaran???

Seberapa seringkah kita mendengar pertanyaan itu?? Untuk menjawabnya, kita harus tau apa sih Tujuan dari adanya evaluasi pembelajaran itu?? tujuannya adalah:


- Untuk melihat produktifitas dan efektifitas belajar peserta didik

- Untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar

- Untuk memperbaiki dan menyempurnakan program pembelajaran

- Untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh peserta didik

- Untuk menempatkan peserta didik sesuai kemampuannya

0 Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi

Selintas, ketiga kata tersebut (Pengukuran, penilaian, dan evaluasi), kita anggap sama. Tetapi harus kita ketahui bahwa ketiga kata tersebut memiliki makna yang berbeda.
Lantas, Apa sih perbedaan antara pengukuran, penilaian, dan evaluasi?


Pengukuran: Sekumpulan data kuantitatif yang didapat dari hasil test.
Penilaian : Pemberian keputusan terhadap pengukuran yang telah kita lakukan.
Evaluasi : Proses yang mencakup pengukuran dan penilaian (Pengukuran dan penilaian merupakan bagian dari evaluasi)yang berisi pengambilan keputusan tentang nilai.

Ada juga yang berpendapat bahwa evaluasi adalah proses mendapatkan informasi yang dapat digunakan sbg dasar pengambilan keputusan tentang peserta didik yang menyangkut seluruh komponen pembelajaran.

0 Sekilas tentang Evaluasi Pembelajaran

Di jurusan Teknologi Pendidikan, konsentrasi Perekayasa pembelajaran, kita belajar evaluasi pembelajaran, karena kita sebagai calon perekayasa pembelajaran harus mampu merancang sebuah pembelajaran yang baik agar dapat disampaikan secara efektif dan efisien.

Apa saja sih yang dipelajari dalam Evaluasi pembelajaran ini??
Untuk mendapatkan gambaran mengenai evaluasi pembelajaran, ada pokok2 bahasan yang akan dipelajari pada mata kuliah evaluasi pembelajaran ini, diantaranya:


- Hakekat Pembelajaran (apa itu pembelajaran, konsep pembelajaran, fungsi dan prinsip2 pembelajaran,ruang lingkup pembelajaran)

- Taksonomi kemampuan hasil belajar

- Penyusunan rencana evaluasi pembelajaran

- Teknik penulisan butir soal

- Uji coba soal (pemeriksaan soal, skoring, penggunaan rumus, penentuan batas lulus, transfer nilai,dll...

-Penggunaan hasil evaluasi

-Analisis kualitas tes dan butir soal

Mungkin, itulah sekilas dari evaluasi pembelajaran yang akan kita pelajari, dengan adanya sekilas info, diharapkan ada gambaran yg biza membuat Qt lbih bSemangat dalam mempelajari Evaluasi Pembelajaran ini

Rabu, 18 Februari 2009

0 Mantan Presiden Kita dan Pelanggarannya terhadap Pancasila

Sore tadi akuww ikut kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, kebetulan sih materi yang kita bahas masih dasar2 pendidikan kewarganegaraan...

Materi yang dibahas adalah mengenai Filsafat Pancasila,,,

Ada beberapa perkataan pa dosen yang bikin saya geli,,, beliau sempat menyebutkan pelanggaran mantan presiden terhadap pancasila persis sesuai dengan urutannya masing2...

Bingung??

Mari Kita buktikan...


1.
Sila ke satu : Ketuhanan yang maha Esa dilanggar oleh Presiden pertama Indonesia: Ir.Soekarno (ingatkah kita, dulu beliau pernah Mendirikan NASAKOM - Nasionalis Agama Komunis- yg jlas2 Agama tidak dapat disatukan dengan komunis/ dengan kata lain sudah tidak meng-esakan tuhan)

2.
Sila ke dua: Kemanusiaan yang Adil dan beradab dilanggar oleh Presiden kedua: Soeharto (Masih ingat dengan peristiwa PKI? beliau menumpasPKI dan semua masyarakat yang berbau PKI, sampai2 ada kejadian karena di fitnah sebagai PKI, nyawa seorang pemuda harus melayang, padahal belum bisa dibuktikan kebenarannya apakah pemuda itu PKI atau bukan, bahkan KATANYA kasus itu tidak hanya sekali saja,,, Wallahu 'alam)

3.
Sila ke tiga: Persatuan Indonesia, dilanggar oleh
Presiden ketiga: BJ Habibie (masih teringat dengan kasus Tim2 yg memisahkan diri dari bagian negara Indonesia??)

4.
Sila ke empat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanan dalam permusyawaratan perwakilan dilanggar oleh Presiden ke empat: Gusdur (Masih ingat dengan ulah beliau yang mau membubarkan DPR???)

5.
Sila ke lima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dilanggar oleh Presiden Ke lima: Megawati (Kita pasti masih ingat ketika beliau menjabat, beliau termasuk presiden yang menjual BUMN)

Mungkin itulah yang saya dapat dari pelajaran PKN sore tadi, (maaf pa'... saya iseng mengutif perkatan bapa.. hehe,,,)

Untuk semua pendukung atau fans para tokoh yang saya sebutkan diatas, saya mohon maaf bukan maksud membuka luka lama, tapi apalah daya, semua manusia pasti melakukan kesalahan, dan sebaik2nya manusia adalah yang mau belajar dari kesalahan (termasuk kesalahan orang lain)...








Senin, 16 Februari 2009

2 PLKJ ke Dua Qta...

Huh... akhirnya kita bisa bernafas lega, PLKJ yang kedua ini berjalan dengan lancar...

Sempat di pra pLKJ, kami mendapatkan satu kritikan membangun, yaitu kurangnya sosialisasi kami kepada para warga,,, Tapi di PLKJ yang kedua ini, masyarakat mangacungi semua jempol yang dimilikinya untuk kami... heee....

O iya, Apa sich PLKJ itu???

PLKJ (PROGRAM LATIHAN KHIDMAT JAM'IYAT), suatu program akhir sekolah Tingkat Muallimien/SMA (salah satu syarat kelulusan Ujian tingkat Akhir) di Persatuan Islam.

Jika di Universitas2, kita sering mendengarnya istilah KKN.

Kebetulan pada acara PLKJ yang kedua ini kita ditempatkan di Daerah Cipada Pangheotan Bandung Barat. Dilaksanakan selama 2 minggu, disana kita dituntut untuk bisa bersosialisasi dengan masyarakat desa yang memiliki karakter yang berbeda2, berdakwah di masyarakat yang memiliki keyakinan (madzhab)yang berbeda2, menjadi imam shalat, mengajar, bakti sosial, dll)

Ada satu yang paling sulit untuk dilupakan, Dimana kita harus menempuh jarak 9 km untuk sampai ke sekolah tempat kita mengajar, perjalanannya melewati ratusan hektar perkebunan teh milik pemerintah, Hutan kecil pun kita lewati). Ada sich mobil angkutan yang dapat membawa kita sampai ke tempat tujuan, itupun hanya 2 jam sekali. Untuk mendapatkannya kita pun harus rela berbagi dengan warga. Adakalanya kita pun harus rela duduk diatas mobil. funtastic...

Saya sempat mengabadikan moment2 penting itu, baik acara resmi maupun yang santai, tapi sayangnya Camera digital yang saya pakai itu nyemplung ke air, alhasil semua gambar ilang...

Tapi ada satu teman yang kebetulan dia sempet foto2 lewat Hp nya. Dan inilah kira2 gambarnya....




PLKJ Rijalul Ghad



PLKJ Ummahatul Ghad



Kelompok 2 PLKJ daerah Pangheotan Bandung Barat







Para Ibu Guru... :D


Sosok Wajah para presiden cilik...























Sabtu, 14 Februari 2009

0 Fenomena Sang Beckham



Spesifikasi masalah masa depan beckham terus saja berlanjut, belum ada keputusan yang pasti. Kubu Los Angeles Galaxy memastikan jika pemain termahalnya tersebut akan tetap kembali ke Amerika Serikat dan menyelesaikan kontrak dengan LA Galaxy. Sementara Milan tetep keukeuh bahwa Beckham akan tetap bermain untuk Milan

Setelah memberikan batas waktu hingga tanggal 13/2/2009, LA Galaxy berargumen jika Milan tidak mengajukan tawaran dengan nilai yang diinginkan. Kubu Milan dan LA Galaxy juga gagal bertemu untuk membicarakan masa depan Beckham.



Perusahaan pemilik LA Galaxy, Anchutz Entertainment Group, melalui presidennya Tim Leiweke menyuarakan bila pihaknya tidak bersedia berkompromi dengan Milan dalam masalah ini.

Leiweke sadar jika Milan tidak akan berhenti untuk tetap mempertahankan Beckham. Namun, ia tidak ingin mengecewakan kubu LA Galaxy yang dominasi bersuara ingin agar Beckham tidak hijrah ke Milan.

Jumat, 13 Februari 2009

0 Top Iklan

Keliling2 ngedownload, egh ternyata nemu iklan keren...


Iklan NIKE




Iklan Pepsi





Iklan Axe





Iklan Pepsi (Beckham)

0 Ada Paus Terdampar di MasjiD....

Masih ulah anak2 tekpend ada ada saja ulahnya..

Ada paus terdampar di Mesjid?? kenapa bisa???

Tengok saja video di bawah ini:::