"Semulia-mulianya manusia adalah siapa yang mempunyai adab, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi, memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat" (Khalifah Abdul Malik bin Marwan).

Selasa, 09 November 2010

0 Konsep Sumber Belajar

Pengertian sumber belajar
Segala sesuatu yang secara fungsional dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk menunjang, memelihara, dan memperkaya proses pembelajaran.

Sumber belajar dapat berupa benda nyata, modele, media cetak, lingkungan sekitar, proses dan prosedur, dsb.

Tujuan penggunaan sumber belajar adalah untuk optimalisasi tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan melalui rekayasa metodologi dan mendinamisir proses belajar siswa.

Proses Pembelajaran dan Sumber Daya Pembelajaran
  • Proses pembelajaran terbtas oleh ruang dan waktu, serta tingkat kesiapan siswa, selain kemampuan guru dalam mempresentasikan bahan.
  • Ketersedian sumber daya pembelajaran membuka peluang bagi siswa untuk memperpanjang waktu belajar, cara belajar secara mandiri, dan memperdalam kajian terhadap bahan ajar untuk belajar
  • Mendorong siswa untuk belajar dengan ‘mode of inquiry dan mode of experience'
Mode inquiry berhubungan dengan metode ilmiah dengan perolehan informasi dan menginterpretasikan informasi. Sedangkan mode of experience berhubungan dengan mengorganisasikan dan menyatakan ide-ide kreatif dan imajinatif (apresiasi)

Fungsi dan Peran sumber Belajar
  • Menembus batas jam formal yang tersedia
  • Mendorng dinamika dan kegitan belajar mandiri pada siswa
  • Memelihara iklim akademis dan proses pembelajaran
  • Mengatasi keterbatasan dan kemampuan guru
  • Memperluas wawasan dan pemahaman siswa
  • Antisipatif dan proaktif terhadap perkembangan.

Ragam Sumber Belajar
Bahan tercetak, bahan dengar pandang, model, benda nyata, instrument, lembaga/institusi, lingkungan sekitar (realita), narasumber

Pemilihan Sumber Daya Pembelajaran
  • Ketersediaan dan keragaman sumber dan narasumber
  • Ketesediaan dan keterjangkauan harga dan fasilitas
  • Keterkaitan fungsional dengan proses pembelajaran di sekolah

0 komentar: