Teori belajar disiplin mental lebih menekankan pada keterlibatan psikis, sedangkan fisik tidak terlalu berpengaruh.
Dalam teori ini, belajar diartikan sebagai pengembangan dari kekuatan, kemampuan, dan potensi-potensi yang dimiliki setiap individu.
Lalu, bagaimana kita dapat mengetahui potensi tersebut???
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa potensi itu terbagi ke dalam dua bentuk.Yang pertama, adalah potensi Umum (7 cardinal: sehat, sosialisasi, ingin rasa aman, ingin dihargai, dan... cinta). Dan yang kedua adalah khusus (seni, olah raga, science, bahasa, sosial, dll.
Mengembangkan potensi siswa???
- Guru harus kreatif (potensi siswa diasah dan dilatih), hal ini ada dalam teori daya (teori yang masih serumpun dengan tb. disiplin mental)
- Yakin bahwa semua individu memiliki potensi, bakat, dlll (teori netivisme)
- Jika guru tidak mampu mengembangkan potensi siswa yang khusus, maka guru harus mendekati potensi siswa yang umum.
Contohnya, guru harus memberikan rasa aman kepada siswanya, dalam artian guru tidak boleh mempermalukan siswanya di depan kelas
Jumat, 03 April 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar